Beranda Tampilkan

no 5

Wilayah Cekungan Air Tanah Jakarta merupakan daerah dengan tipologi sistem akuifer yang mempunyai potensi air tanah yang baik. Akuifer yang berada pada daerah – daerah pematang pantai umumnya memiliki potensi air yang melimpah karena berada pada sistem akuifer dengan litologi seperti pasir. Pengambilan air tanah untuk keperluan masyarakat sehari-hari serta kebutuhan industri harus sesuai dengan kuantitas air tanah pada daerah tersebut, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar seperti kekurangan air dan terjadinya amblasan tanah (land subsidence) karena  pengambilan air yang berlebihan. Selain itu dampak dari pengambilan air yang tidak sesuai (berlebihan) dengan kuantitas air pada suatu wilayah akan menyebabkan terjadinya krisis air pada wilayah tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan pemantauan kuantitas air tanah untuk dapat mengetahui kondisi muka air tanah akibat pengambilan air tanah serta untuk mengetahui potensi dari air tanah di wilayah Cekungan Air Tanah Jakarta.

Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memperoleh data kuantitas air tanah di CAT Jakarta yang selanjutnya akan diolah menjadi suatu informasi air tanah yang spesifik dan tematik.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah agar informasi air tanah ini dapat menjadi dasar penyusunan zona konservasi air tanah dan bahan pertimbangan dalam pengelolaan air tanah di CAT Jakarta.

file